Sunday, January 20, 2013

Gagal Booting & Masuk BIOS Serta Harddisk Bunyi

Kali ini saya akan membagi pengalaman pribadi dalam masalah CPU atau komputer rakitan alias PC. Pada awalnya tidak ada masalah serius pada PC, hanya saja sering tiba-tiba mati, saya perkirakan itu merupakan serangan virus, namun pada akhirya saya dapati ternyata PSU saya mengeluarkan air, ternyata terdapat
komponen pada PSU yang berbentuk seperti batre (entah apa namanya) mengembang dan berkeringat sehingga PC saya suka mati secara tiba-tiba.

Apa penyebabnya??

Setelah saya pahami ternyata PSU mengalami kelebihan beban dikarenakan saya menggunakan 3 buah HDD dan 2 buah Disc Drive, ditambah lagi saya menggunakan VGA card yang cukup besar wattnya sehingga PSUnya tidak mampu bertahan lama. Saya pikir menggunakan PSU 600 W mampu untuk menampung keperluan CPU yang bisa dikatakan cukup banyak, ternya tidak tahan lama.

Awalnya saya tidak tahu jika yang bermasalah adalah tegangan PSU, tetapi setelah saya ganti PSU menggunakan PSU standar 450 W, PC mengalami gagal boot dan gagal masuk BIOS. Saya berfikir bahwa harddisk mengalami kerusakan dikarenakan berbunyi, namun setelah dilakukan cara jadul yakni comot kabel power dan data pada HDD, ternya tidak bereaksi apa-apa. Apakah akan tamat riwayat PC ku?? Ternyata setelah di lepas satu persatu HDD nya masih berfungsi pada PC lain.

Kemudian saya merencanakan trial and error dengan cara melepas komponen harddisk dan disc drive dan hanya memasang VGA dan 1 buah HDD saja, setelah ditekan tombol power ternya PC hidup normal seperti biasa, dari situ dapat disimpulkan bahwa PSU mengalami kelebihan beban sehingga susah booting.

Jika hal serupa terjadi pada PC anda semoga pengalaman saya tadi dapat digunakan sebagai seolusinya, semoga berguna!!

ads

Ditulis Oleh : 1DUA3 Hari: 5:30 AM Kategori:

 

Tribun Pontianak

Blog Archive